Breaking News


PORTO Liverpool memantapkan diri melaju ke semifinal Liga Champions 2018-2019 usai menaklukkan FC Porto. Pada laga kedua perempatfinal yang berlangsung di Estadio Do Dragao, Kamis (18/4/2019) dini hari WIB, Liverpool membuat meraih kemenangan atas Porto dengan skor telak 4-1.

Kemenangan tersebut membuat Liverpool berhak merebut tiket ke semifinal dengan skor agregat 6-1. Pada babak semifinal, The Reds –julukan Liverpool– akan mendapat tantangan berat dari Barcelona, yang pada perempatfinal mengandaskan Manchester United.




Jalannya Pertandingan

Babak Pertama
Laga dimulai, Porto langsung memberi ancaman kepada Liverpool. Pada menit pertama, Jesus Corona melancarkan tembakan yang nyaris membuka keunggulan. Tetapi bola masih melambung tipis di atas gawang Alisson.
Pada menit 10, Porto terus mengancam melalui sektor sayap. Namun usaha mereka masih tetap gagal. Tampil di hadapan publik sendiri, Porto menunjukkan agresivitas yang luar biasa. Mereka mampu menguasai jalannya pertandingan hingga pertengahan babak pertama.





Beberapa kali peluang emas pun didapat Porto untuk mencetak gol. Tetapi finishing yang kurang sempurna membuat beberapa peluang yang didapat Pepe dan kawan-kawan terbuang sia-sia. Keadaan masih imbang hingga menit 25.
Tetapi pada menit 26, keadaan berbalik. Liverpool mampu mencetak gol yang membuat publik Porto terdiam. Gol tersebut dicetak Sadio Mane melalui sontekan di depan gawang setelah meneruskan umpan Mohamed Salah.



Akan tetapi gol tersebut sempat dianulir hakim garis karena offside. Tetapi VAR menyatakan hal berbeda dan gol Mane dinyatakan sah. Papan skor berubah Liverpool unggul 1-0 atas Porto. Unggul 1-0, Liverpool kini justru tampil lebih percaya diri.
Meski Porto masih menguasa bola, tapi mereka tak seagresif seperti pada awal babak pertama. Liverpool pun mampu mengatur tempo dengan baik. Hingga akhirnya kedudukan tak mengalami perubahan ketika laga babak pertama berakhir. Liverpool unggul dengan skor 1-0.



Babak Kedua
Pada babak kedua, Porto masih menguasai jalannya pertandingan. Tim tuan rumah masih melakukan serangan untuk bisa mencetak gol. Tetapi serangan-serangan Porto mampu dipatahkan Liverpool dengan mudah.


Sementara pada awal babak kedua, Liverpool agaknya tak terlalu ngotot setelah unggul 1-0 di babak pertama. Mereka mampu tampil tenang dan mampu menjaga dengan baik pertahanan mereka dari serangan Porto.
Justru pada menit 65, Porto kembali kebobolan. Kali ini gol dicetak sang pemain andalan Liverpool yakni Mohamed Salah. Berawal dari serangan balik Salah mampu memanfaatkan umpan apik dari Trent Alexander-Arnold untuk mencetak gol. Liverpool unggul 2-0.





Tetapi tak berselang lama, Porto mampu memperkecil ketertinggalan. Kali ini gol Porto dicetak Eder Militao. Memanfaatkan umpan sepakan pojok Alex Telles, Militao menanduk bola tersebut dan tak mampu dibendung Alisson. Porto pun mencetak gol. Namun begitu, Liverpool masih unggul dengan skor 2-1.

Meski masih memimpin skor, Liverpool tampaknya belum puas. Mereka mencetak gol kembali untuk memperlebar jarak kedudukan. Kali ini giliran Roberto Firmino yang menyumbangkan gol untuk Liverpool. Meneruskan umpan silang Jordan Henderson, Firmino menyelesaikan dengan sempurna dan membuat jala Porto terkoyak. Liverpool unggul 3-1.




Belum sampai di situ, Liverpool masih menambah gol pada menit 84. Gol kini dicetak Virgil Van Dijk yang memanfaatkan skema tendangan sudut. Berawal dari umpan Mane, Van Dijk menuntaskan bola tersebut dengan baik. Liverpool unggul 4-1.
 
Keadaan tersebut pun tak berubah hingga laga berakhir. Liverpool menang dengan skor 3-1 dan memastikan diri lolos ke babak semifinal dengan skor agregat 5-1 atas Porto.

SUSUNAN PEMAIN
 
LIVERPOOL XI (4-3-3): Alisson; Trent Alexander-Arnold, Joel Matip, Virgil van Dijk, Andrew Robertson; James Milner (c), Fabinho, Georginio Wijnaldum; Mohamed Salah, Divock Origi, Sadio Mane.

PORTO XI (3-4-3): Iker Casillas; Felipe, Pepe, Eder Militao; Jesus Manuel Corona, Hector Herrera (c), Danilo Pereira, Alex Telles; Yacine Brahimi, Moussa Marega, Otavio.





Tidak ada komentar